Rabu, 27 Januari 2010

Studi Ekskursi Softskill Mahasiswa UMM

Mahasiswa fakultas Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan studi ekskursi ke Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Jumat (22/1). Kedatangan mereka disambut Kepala Bagian Sekretariat Institusi (BSI), Drs. Lilik Leksono, Public Relation IT Telkom Hetty Hidayati, SKom., M.Kom dan Kepala Bagian Pengembangan dan Layanan Karir IT Telkom, Dra. Shanka Dwi Ciptaningsih.

Mereka didampingi dosennya yang merupakan alumni IT Telkom angatan 2002, Setyo Basuki. Diakui Setyo,


“Masih banyak hal yang harus dipelajari oleh fakultas Informatika UMM. Bahkan studi ekskursi dilakukan pada lembaga atau industri berbasis teknologi informasi komunikasi (TIK) dan non-TIK,”

Diinformasikannya, fakultas Informatika UMM berdiri sejak 2005. Fakultas Teknik Informatika juga telah mengukir prestasi dengan membuat produk sejenis iphone yaitu Maleo Phone. Prestasi ini harus ditingkatkan untuk membentuk performansi yang baik bagi institusi.

Dalam presentasinya, Shanka menyebutkan bahwa performansi baik bisa didapat dari mahasiswa.

“Mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi, sedang bahkan rendah bisa dibentuk menjadi performansi yang baik. Mendidik mahasiswa menjadi professional perlu pengembangan kepribadian yang mengarah pada motivasi, komunikasi, teamwork, entrepreneur dan leadership,” kata Shanka.

Sementara itu, IT Telkom telah memiliki mata kuliah yang mengarah pada pengembangan softskill. IT Telkom juga memberlakukan system Trankrip Aktivitas Kemahasiswaan (TAK).

“TAK menjadi paksaan yang berdampak positif. Pasalnya, TAK merangsang mahasiswa yang tidak aktif menjadi aktif,”

Jelasnya, aktivitas kemahasiswaan penuh dengan muatan softskill seperti marketing dan leadership. Tentu kemampuan tersebut sangat ini dibutuhkan di dunia kerja akhir-akhir ini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar