Kamis, 26 November 2009

8 Tim Lolos Final Nedcom 8

8 tim raih lolos final dalam ajang tahunan Fakultas Elektro dan Komunikasi Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Nedcom 8. Pengumuman pemenang dilakukan langsung usai penjurian, Jumat (20/11). Pemenang di antaranya 3 tim kategori software dan 5 tim kategori hardware.

“Nedcom tahun ini melaksanakan 2 kategori lomba, software dan hardware. Awalnya di masing-masing kategori ada 4 tim yang masuk final. Namun, karena kategori software hanya 3 tim yang layak masuk final, Maka untuk kategori hardware dipilih 5 tim. Di samping itu, memang jumlah peserta kategori hardware lebih banyak ketimbang software,” jelas Ketua Pelaksana Nedcom 8, Iswahyudi Hidayat, ST., MT.



Dalam hal ini, kompetisi hardware berbasis pada perangkat keras. Dalam lomba ini, peserta harus dapat membuat alat yang memiliki fungsi mendukung pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan. Alat yang diciptakan peserta merupakan penemuan baru, baik itu pengembangan aplikasi yang sudah ada ataupun penemuan hasil yang terbaru. Sedangkan kompetisi software berbasis pada perangkat lunak. Dalam lomba ini, peserta harus membuat suatu software alat yang memiliki fungsi mendukung pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan. Dalam hal ini, peserta harus menggunakan software open source . Namun, karya yang dihasilkan harus berupa inovasi baru, baik pengembangan aplikasi yang sudah ada maupun penemuan hasil yang terbaru.

Pada kategori hardware, di peringkat pertama jatuh pada SMA Negeri 1 Tasikmalaya dengan inovasi Aplikasi Pengukur Ketinggian Air pada Kolam Perikanan Darat Menggunakan Modul Mikrokontroller dengan Handphone sebagai Tampilan Informasi. Sedangkan peringkat, jatuh pada SMK Telkom Sandy Putra Jakarta dengan inovasi Automatic Watering Plants. Peringkat ketiga masih di raih oleh tim dari SMK Telkom Sandy Putra Jakarta dengan karya Automatic Egg Counter. Pada peringkat keempat diraih oleh tim SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo dengan inovasi alat Percepatan Pembuatan Tempe Bermedia Stabilisator Temperatur Sederhana dan peringkat kelima diraih oleh SMA Negeri 2 Magelang dengan inovasi Pemanfaatan Konfigurasi Mikrokontroller dengan Media Microphone HP sebagai Salah Satu Solusi Mengatasi Hama Burung Area Pertanian.

Pada kategori software, peringkat pertama diraih oleh SMA Negeri 39 Jakarta dengan inovasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Alam. Sedangkan peringkat kedua diraih oleh SMA Negeri 1 Jember dengan Inovasi Pemanfaatan Software Geographic Information System (GIS) untuk Mendukung Fleksibilitas Perencanaan dalam Bidang Pertanian. Dan peringkat ketiga diraih oleh SMK Telkom Sandhy Putra Jakarta dengan inovasi Rancang Bangun Rekayasa Perangkat Lunak Sistem Administrasi Ternak Unggas Berbasis VB9.0 Dengan MS ACCES sebagai Database.

Kedelapan tim tersebut berhak mendapatkan penghargaan berupa trofi dan uang tunai. Bagi juara pertama, penghargaan ditambah dengan sertifikat ‘diterima’ tanpa tes masuk di Fakultas Elektro dan Komunikasi IT Telkom.

Juara pertama kategori hardware mendapat uang tunai Rp. 2.500.000 dan sertifikat tanda ‘diterima’ tanpa tes masuk di program studi Teknik Elektro IT Telkom, sedangkan juara kedua mendapat uang tunai sebesar Rp. 2.000.000,- , juara ketiga mendapat uang tunai sebesar Rp. 1.500.000,-, juara keempat mendapat uang tunai sebesar Rp. 1.000.000,- dan juara kelima mendapat uang tunai sebesar Rp. 500.000,-.

Pada kategori software, juara pertama berhak mendapat uang tunai Rp. 2.000.000,- dan sertifikat tanda ‘diterima’ tanpa tes masuk di program studi Teknik Komputer IT Telkom. Sedangkan juara kedua berhak mendapatkan uang tunai Rp. 1.500.000,- dan juara ketiga mendapat Rp. 1.000.000,-.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar