Senin, 22 Februari 2010

Klinik IT Telkom Mulai Buka Praktik

Klinik Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) mulai buka praktik setiap hari kerja. Jam buka dimulai pukul 08.00-17.00 WIB setiap hari Senin sampai Jumat, dan 08.00-12.00 WIB di hari Sabtu. Dibukanya Klinik IT Telkom bersambut manis mengingat kebutuhan fasilitas jaminan kesehatan bagi mahasiswa IT Telkom yang kian mendesak. Letak klinik cukup strategis karena dekat dengan pusat-pusat aktivitas mahasiswa. Yakni, berada di Gedung H Kampus IT Telkom.

“Layanan kesehatan meliputi layanan rawat jalan, tindakan dokter, pemberian obat, pemberian surat keterangan dokter, dan surat rekomendasi sakit,” ujar Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir Ir. Miftadi Sudjai, MSc, saat ditemui di ruangan kerjanya, Kamis (18/2).



Dibenarkannya, Klinik IT Telkom sudah berjalan sejak Senin (15/2). Siapa saja mahasiswa yang sakit sudah bisa berobat disana. Biayanya terbilang murah, hanya 5 ribu rupiah setiap kali berobat ke Klinik. Layanan berobat sudah termasuk tindakan medis dan paket obat. Namun, Bagian Kemahasiswaan (BK) IT Telkom akan menarik iuran dari mahasiswa sebesar 100 ribu rupiah per tahunnya.

Klinik IT Telkom dibawah tanggung jawab Bagian Kemahasiswaan (BK) IT Telkom. Dalam upayanya menyediakan fasilitas klinik, BK bekerjasama dengan unit lain, yakni Direktorat Dukungan Manajemen IT Telkom dan Yayasan Kesehatan Citra Mandiri (YKCM). Dalam hal ini, YKCM berada di bawah tanggung jawab Koperasi Citra IT Telkom). Pun, dengan pihak eksternal BK bekerjasama dengan Puskesmas Dayeuh Kolot dan Dinas Kesehatan. Kedepannya, klinik akan mencoba mengembangkan kerjasama dengan Korps Sukarela IT Telkom, Posyandu, Palang Merah Indonesia (PMI) dan Puskesmas setempat.

“Salah satu syarat pendirian klinik adalah organisasinya harus berada di bawah yayasan kesehatan, bukan perguruan tinggi secara langsung. Sedangkan perizinan harus didapat dari dinas kesehatan langsung. Kemudian BK mengadakan kontrak dengan Koperasi Citra IT Telkom sebagai pengelola operasional Klinik IT Telkom. Kontrak tersebut berlangsung selama 5 tahun. Sedangkan penyedia layanan kesehatan terdiri dari sekelompok dokter yang dipimpin oleh dr.Heni Budiono,” papar Miftadi.

Klinik IT Telkom sudah memenuhi standar kelayakan klinik. Diantaranya terdapat tim kesehatan yang terdiri dari empat dokter, satu para medis, ruang periksa pasien, ruang tindakan dokter, standar sanitasi, obat-obatan, standar higienis dan ruang administrasi. Miftadi mengaku, kelayakan klinik sudah divisitasi oleh Dinas Kesehatan Puskesmas Dayeuh Kolot.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar