Kamis, 24 Juni 2010

Tim Candradimuka Siap Tanding di Poland Imagine Cup 2010

Tepatnya tanggal 3 Juli mendatang, tim Candradimuka Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) siap bertanding pada ajang tahunan bergengsi yang digelar Microsoft, Interoperability Award Imagine Cup.


Terdapat 500 tim dari seluruh dunia telah mengikuti seleksi Imagine Cup. Namun hanya tiga negara yang berhasil lolos ke babak final di Polandia, yakni Brazil, Jamaica dan Indonesia (Tim Candradimuka IT Telkom). Dalam babak final nanti akan ditentukan pemenang pertama, ke dua dan ke tiga.

Bentuk inovasi yang dipertandingkan masih bertema seputar masalah sosial. Mereka menamakan produknya LIFE. LIFE menohok permasalahan penanganan masalah gizi buruk di beberapa tempat di belahan dunia.

“Sesuai namanya , LIFE, berarti kehidupan. Harapannya, software ini dapat memberikan solusi terhadap masalah gizi buruk yang terjadi di beberapa tempat. Karena masalah gizi buruk sudah menjadi salah satu masalah besar dunia,” ujar anggota tim, Kania Audrint (IF 2006).

Jelasnya, LIFE berbasis website. LIFE memuat peta online yang dapat diakses. Dalam peta tersebut terdapat beberapa gambar balon yang menunjukan presentase jumlah pengidap gizi buruk di daerah tertentu. Data tersebut diperoleh dari laporan petugas kesehatan melalui layanan SMS. Sehingga proses pengumpulan data pengidap gizi buruk lebih cepat dan bisa secepatnya ditangani.

“Selama ini, proses tersebut bersifat manual. Sehingga pengumpulan data membutuhkan birokrasi dan waktu lama. Alhasil, penanganan gizi buruk tidak bisa dilakukan dengan segera. Dengan LIFE, petugas kesehatan bisa langsung meng-update jumlah penderita gizi buruk dari lapangan. Dengan segera informasi dapat diketahui mana daerah kritis gizi buruk yang perlu segera mendapat bantuan,” jelas anggota tim, Yudha Artawiryawan (IF 2007).

Candradimuka mengerjakan proyek LIFE sejak Februari lalu. Mereka berharap, LIFE dapat memudahkan masyarakat untuk memberikan perhatian positif misalnya memberikan dana bantuan, tenaga atau makanan.

Interoperability Award intinya bertujuan untuk memperkenalkan software Microsoft. Kompetisi menantang pesertanya untuk menggabungkan satu teknologi dengan lainnya sehingga dapat membuat koneksi antar orang, data dan sistem , kemudian menjadi inovasi baru. Disinilah kemampuan akan teruji dalam membangun jembatan teknis dan menggabungkan beberaapa teknologi dari vendor yang berbeda. Baik perangkat lunak bebas maupun open source. .Beragam device, bisa digunakan untuk meng-update data LIFE melalui layanan SMS, apakah itu GSM, CDMA maupun PDA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar