Rabu, 30 Juni 2010

Wujudkan Indonesia Emas 2020, IT Telkom-ESQ Sepakati MoU


Visi Indonesia Emas 2020 merupakan cita-cita bersama bangsa Indonesia. Dimana Indonesia mewujudkan masyarakat berhati emas dan menjunjung prinsip kejujuran, visioner, tanggung jawab, disiplin, kerjasama, adil dan peduli. Saat itulah bangsa Indonesia mengalami kejayaan secara ekonomi, moral dan spiritual.


Mengacu pada cita-cita tersebut, Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) dan ESQ Leadership Center mengukuhkan kerjasamanya dalam Nota Kesepahaman (MoU), Jumat (25/6). Penandatanganan MoU berlangsung pada acara pembukaan training ESQ kelas Eksekutif angkatan 91, di Granada Room, Menara 165, Jalan Simatupang Cilandak Timur Jakarta Selatan. Penandatanganan dilakukan langsung oleh Rektor IT Telkom, Ir.Ahmad Tri Hanuranto, MT dan Presiden Direktur ESQ Leadership Center, Ary Ginanjar Agustian.
Mengomentari kesepakatan strategis ini, Ary mengungkapkan,

“Akhir-akhir ini kerap terjadi penyalahgunaan teknologi yang berujung pada merugikan nilai-nilai masyarakat. Akhirnya, teknologi yang hebat malah memberi mudharat. Oleh karena itu, IT Telkom bersama ESQ ingin mewujudkan kecerdasan emosional dan spiritualitas di kalangan mahasiswa. Sehingga nantinya IT Telkom menghasilkan insan teknologi yang memiliki kekayaan intelektualitas, kebaikan emosi dan hati. Tak hanya high tech tapi juga high touch,”

Menurutnya, institusi pendidikan merupakan potensi strategis untuk menanamkan ESQ. Sudah seharusnya pendidikan di Indonesia tidak hanya mengajarkan kecerdasan intelektualitas, melainkan kecerdasan emosional dan spiritual. Ia menyayangkan, selama ini tuntutan pendidikan hanya terfokus pada nilai rapot atau indeks prestasi. Sehingga ketika kecerdasan emosional dan spiritual tidak dilirik lagi, maka masalah sosial bangsa ini pun muncul. Mulai dari maraknya pengguna narkoba, pergaulan bebas, hingga korupsi.

“Intinya, ESQ Leadership Center memberikan pembelajaran ESQ secara menyeluruh. Selain melirik perguruan tinggi, ESQ juga menjangkau guru sekolah hingga dhuafa,”

Ary berharap, IT Telkom turut menyebarkanluaskan nilai-nilai ESQ. Bidang telekomunikasi harus berdampingan dengan nilai-nilai moral sehingga tidak terjadi kekosongan dalam pemanfaatannya.

“Saya bersyukur atas terjalinnya kerjasaama ini. Mengingat IT Telkom berbasis teknologi informasi dan komunikasi,” pungkas Ary.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar