Rabu, 26 Januari 2011

Auditor dalam Pengendalian Internal IT Telkom


Perkembangan teknologi, inovasi, industri semakin tak terelakan. Dalam menghadapi kompetisi tentunya IT Telkom harus memberikan perhatian penuh pada mutu pendidikan yang dihasilkannya. Desember lalu, IT Telkom telah memperoleh sertifikasi ISO 9001:2008 sebagai standarisasi mutu akademik. Selanjutnya, IT Telkom tengah mempersiapkan sertifikasi ISO untuk standarisasi mutu non akademik. Mutu yang baik hanya bisa dihasilkan melalui proses internal organisasi yang baik pula, di antaranya dengan memiliki sistem maupun program-program mutu. Tak hanya itu, perlu ada internal auditor sebagai 'tangan kanan' manajemen untuk memastikan bahwa pengendalian internal organisasi telah berfungsi sebagaimana mestinya.

“Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) harus punya auditor-auditor handal untuk bisa mengaudit program studi dan unit-unit kerja yang ada di IT Telkom,” ungkap Manajer Satuan Penjaminan Mutu IT Telkom, Sri Widaningrum, Ir, MT, saat ditemui usai pelaksanaaan pelatihan internal auditor, Selasa (4/1).

IT Telkom memiliki banyak jumlah program studi dan unit kerja. Idealnya, menurut Sri, setiap bagian perlu dikawal oleh internal auditor. Lebih banyak internal auditor di IT Telkom akan lebih bagus.

Untuk menggenjot pengendalian internal organisasi IT Telkom, Bagian Satuan Penjaminan Mutu IT Telkom giat mengadakan pelatihan internal audit. Pelatihan internal audit baru dilaksanakan empat kali. Masih ada dua gelombang pelatihan yang akan diselenggarakan selanjutnya.

“Setiap gelombang terdapat sekitar 20 peserta pelatihan. Jika mereka lulus, mereka bisa menjadi internal auditor,” kata Sri. Kendati demikian, Sri meyakinkan bahwa untuk menjadi internal auditor memerlukan jam terbang yang cukup.

Upaya memperoleh sertifikasi ISO bukan hanya berpangku penuh pada pengendalian internal organisasi saja. Melainkan perlu dukungan penuh dari seluruh civitas akademika IT Telkom untuk bersama-sama mewujudkan perguruan tinggi yang unggul dan berdaya saing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar