Kamis, 27 Agustus 2009

Sidang Terbuka Senat IT Telkom Sambut Mahasiswa Baru 2009-2010

Dalam rangka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2009-2010, Institut Teknologi Telkom (IT Telkom menggelar Sidang Terbuka Senat, Kamis (13/8). Acara berlangsung di Gedung Serba Guna Kampus IT Telkom, Jalan Telekomunikasi Terusan Buah Batu Bandung, dan diikuti oleh para mahasiswa baru IT Telkom.

Berdasarkan laporan singkat, Wakil Ketua Panitia Seleksi Mahasiswa Baru Bersama (SMBB) Telkom 2009, Ir. Budhi Yogaswara, MT, SMBB Telkom dilaksanakan melalui lima jalur seleksi. Di antaranya melalui jalur JPPA Unggulan, JPPA Nasional, JPPA Kemitraan, USM IT Telkom, Ujian Tulis Gelombang (UTG) I dan II. UTG I diselenggarakan di 42 kota di Indonesia sedangkan UTG II di 18 kota. Dari 24.126 pendaftar, 2.227 telah diterima menjadi calon mahasiswa IT Telkom.



Berdasarkan asal daerah, tahun akademik 2009-2010 masih didominasi oleh calon mahasiswa asal Jawa Barat yakni 37,09%. Selanjutnya diikuti oleh jumlah calon mahasiswa asal Jawa Tengah 15,31%, DKI Jakarta 10,37%, Jawa Timur 8,78%, Sumatera 8,40%, DI Yogyakarta 4, 40%, Bali 4,13%, Banten 4,09%, Kalimantan 3,77%, NTB dan NTT 0,67% serta lainnya 0,99%.

Jumlah calon mahasiswa IT Telkom tersebut didistribusikan ke 12 program studi. Di antaranya program studi S1 Teknik Telekomunikasi (392 orang), S1 Teknik Elektro (164 orang), S1 Siostem komputer (164 orang), S1 Teknik Industri (287 orang), S1 Sistem Informasi (171 orang), S1 teknik Informatika (453 orang), S1 Ilmu Komputasi (80 orang), S1 Teknik Fisika (58 orang), S1 Pindahan Teknik Telekomunikasi (96 orang), S1 Pindahan Teknik Informatika (44 orang), D3 Teknik Informatika (137 orang), dan D3 Teknik Telekomunikasi (181 orang).

Pada pidatonya, Rektor IT Telkom, Ir. Husni Amani, MSc.,MM menyampaikan,

“Industri jasa telekomunikasi berkembang cepat. Total pelanggannya pun sudah mencapai 140 juta. Perkembangan industri ini ditunjukan pula oleh jumlah operator jasa telekomunikasi dan pasar telekomunikasi dalam negeri. Tentunya, dalam jangka menengah dan panjang perguruan tinggi perlu menyiapkan talenta-talenta segar untuk masuk kedalam industri teknologi informasi dan komunikasi (TIK) nasional. Sehingga diharapkan mahasiswa baru menjadi SDM yang unggul,”


Jelasnya, potensi industri telekomunikasi menjadi daya tarik bagi investor luar negeri. Tampak dari partisipasi mereka sebagai strategic investor dalam sebagian besar operator seluler di Indonesia. Kemampuan dan kontribusi perusahaan dalam negeri masih sangat kecil. Kenyataannya kontras jika dibandingkan dengan industri manufaktur peralatan telekomunikasi. Mengingat perkembangan teknologi dan bisnis TIK, maka dibutuhkan kemampuan baru TIK. Tentu hal itu menjadi tantangan bagi pergiruan tinggi, termasuk IT Telkom, untuk terus meningkatkan kualitas yang mencakup beberapa komponen. Di antaranya kualitas mahasiswa, pendidikan, dosen, tenaga non kependidikan, sistem, penelitian dan fasilitasnya.

Pada Sidang Terbuka Senat IT Telkom juga dilanjutkan dengan pemberian penghargaan pada mahasiswa berprestasi. Mereka adalah Ahmad Agung Ahkam (Juara International Scientific Olympiad on Mathematics), Tim UKM Basket IT Telkom ( Juara Libama Divisi II Jawa Barat), Tim Judo IT Telkom (Kejuaraan Liga Judo Unpad), Tim Demeter ( Juara 2 Imagine Cup 2009), Kania Audrint dan Uun Ainuroffiq ( Juara 1 New Casting Nationwide English Olympics 2009), Fauzi Aulia dan Indri Yuanita (Juara 2 Scrabble Nationwide English Olympics 2009), dan Innayah Nurlia Roza ( Juara 2 Best Actress and Best Seller Nationwide English Olympics 2009).

Menutup acara Sidang Terbuka Senat IT Telkom, dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara IT Telkom dan Extreme Network Singapore untuk pendirian Authorised Training Partner. Penandatanganan dilakukan langsung oleh Husni dan Regional Sales Manager Asean Extreme Network Singapore, Jason Tay.



Kemudian penandatanganan MoU antara IT Telkom dengan PT. Datacom atas bantuan peralatan laboratorium berupa peraalatan network dari Datacom.Penandatanganan dilakukan oleh Husni dan Direktur utama PT. Datacom, Tan Wie Chin.

Selanjutnya, penandatanganan MoU antara IT Telkom dengan PT. Jasa Telekomunikasi Utama atas pelaksanaan site audit dan optimasi sistem seluler . Penandatanganan dilakukan langsung oleh Husni dan Direktur Utama PT Jasa Telekomunikasi Utama.
BSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar