Senin, 26 April 2010

Seminar Spike Ignite Your True Potential : Menjadi Technopreneur



“Terdapat 4, 3 juta lulusan di Indonesia setiap tahunnya. Namun jumlah tersebut tidak sesuai dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia,” kata Noor Azman Zakaria, Country Director PT. Bagus Skali, pada seminar Spike Ignite Your True Potential yang digelar infocom Career and Development Center Institut Teknologi Telkom di GSG, Kamis (22/4).

Pun, Noor meyakini, adanya ketidaksesuaian permintaan perusahaan terhadap kualifikasi lulusan menjadi salah satu faktor tingginya tingkat persaingan dalam pasar tenaga kerja.

“Faktanya suplai lulusan dan permintaan perusahaan belum pas. Sehingga pasar tenaga kerja jadi kompetitif. Sekitar 70% lulusan IT dinilai kurang kompeten sehingga tidak cocok dengan kualifikasi yang ditetapkan perusahaan,” ujarnya.

Di tengah tingginya tingkat persaingan pasar tenaga kerja, para sarjana banyak memilih menjadi wirausaha. Namun, bagi seorang sarjana teknik wirausaha seharusnya bukan lagi menjadi alternative terakhir. Melainkan menjadi pilihan utama untuk menuangkan ide, minat, bakat dan kreativitas yang berbasis teknologi, atau technopreneurship. Menyoal technopreneurship, Noor menilai,

“Technopreneurship menyokong pertumbuhan budaya kewirausahaan di Indonesia. Selain itu, technopreneurship berpotensi meningkatkan penyerapan tenaga kerja,”

Technopreneurship merupakan penerapan praktis ilmu pengetahuan teknologi yang digunakan untuk menciptakan suatu inovasi. Serta digunakan untuk mengembangkan keahlian dan mengekstraksi materi guna memecahkan persoalan yang ada. Dengan menciptakan bisnis atau usaha, berarti berani menanggung resiko dan ketidakpastian untuk mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang ada. Noor yakin, dengan tecnorpreneurship akan meningkatkan pendapatan negara melalui perluasan pajak dan devisa negara.

“Dengan demikian, technopreneurship membantu mendorong perkembangan ekonomi, meningkatkan kemandirian bangsa,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar