Senin, 26 April 2010

Seminar Teknik Fisika dan Tantangan Masa Depan : Menjawab Prospek Lulusan Teknik Fisika

“Pak, apa betul teknik fisika lagi booming karena banyak dibutuhkan di dunia kerja,” tanya salah satu mahasiswa Teknik Fisika Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) pada seminar sehari Teknik Fisika dan Tantangan Masa Depan yang digelar Fakultas Sains IT Telkom.

Acara berlangsung di Multimedia Room Learning Center IT Telkom, Kamis (22/4). Menghadirkan Dr.Ir. Bambang Widjiantoro dan Dr. Ir. Sekartedjo dari Institut Teknologi Sepuluh September (ITS).

Dijelaskan Bambang dalam presentasinya,

“Kompetensi yang dihasilkan oleh pendidikan teknik fisika adaalah membentuk sarjana teknik yang menguasai ilmu pengetahuan rekayasa berbasis fisika dengan memanfaatkan model-model matematika dalam memecahkan masalah masalah rekayasa,”



Bahkan, jelasnya, pada pendidikan pasca sarjana (S2 dan S3) di lingkup bidang keilmuan pengetahuan teknik fisika dimaksudkan untuk pendalaman analisis dan atau sintesis dari bidang-bidang keahlian yang dikembangkan dalam program studi atau departemen dan jurusan fisika. Teknik fisika memiliki penajaman pada beberapa bidang keahlian seperti instrumentasi, sistem pengukuran, kontrol otomatis, akustik, fisika bangun, pengkondisian termal, optik, dan material. Teknik fisika dibutuhkan sebagai pengkayaan dari pola ilmiah pokok yang menjadi cakupan utama kurikulum pendidikan teknik fisika di Indonesia.

“Pendidikan teknik fisika harus mampu mempertahankan keunggulan dalam penguasaan sain rekayasa yang berakar pada ilmu pengetahuan fisika dan matematika,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar