Selasa, 01 Desember 2009

2012, Konvergensi dan JCP

Isu yang berhembus tentang tahun 2012 kini cukup meresahkan masyarakat. Namun bagi penggeliat teknologi informasi (IT), 2012 adalah tahun yang penuh peluang dan tantangan yang disebabkan oleh konvergensi teknologi dan Jabar Cyber Province (JCP). Keduanya dibahas dalam “Opening Seminar Pekan Teknologi 2009 : Dunia Digital Kedua” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Telekomunikasi (HIMATEL) IT Telkom, di Gedung Serba Guna kampus IT Telkom, Senin (30/11). Bertindak sebagai pembicara saat itu, Wakil Rektor Bidang Akademik IT Telkom,Dr. Rendy Munadi, Pakar IT, Ono. W Purbo dan Muhammad Deni Hendriawan sebagai staf sekaligus praktisi IT Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat.

“Telekomunikasi, internet dan konten. Ketiganya akan terkonvergensi dalam satu teknologi. Dimana data, audio, visual dan storage akan mengarah pada Internet Protocol (IP) Network,” ujar Deni.

Tentunya, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara luas telah mendorong dunia menuju tatanan baru. Ekonomi akan terkonvergensi dengan informasi.

“The Digital Lifestyle” dan “knowledge based economy” menjadi tantangan TIK di era konvergensi. Disinilah pemerintah perlu berantisipasi dan meningkatkan kinerja pelayanan publik dalam penyelenggaraan pemerintahan dalam konteks e-government (E-Gov).



“Pemerintah melakukan pemanfaatan network guna meningkatkan kinerja pelayanan publik. Di antaranya memanfaatkan network untuk K3 (kolaborasi, koordinasi dan komunikasi), meningkatkan investasi dan perizinan melalui PPTSP.

Selanjutnya,pemanfaatan network juga diimplementasikan untuk E-Procurement (LPSE), internet publik gratis , layanan internet keliling dan penetrasi internet melalui layanan mobil,” papar Deni.

Pun, pemerintah juga memanfaatkan network untuk inkubator e-Gov di 156 kecamatan di Jawa Barat (Jabar) dengan membangun penetrasi akses internet bagi masyarakat dan komunitas informasi di lingkungan masyarakat sekitar kecamatan. Kedepannya, peran serta masyarakat akan dilibatkan dalam kontribusi informasi aktual.

JCP merupakan salah satu program unggulan pemerintah Jabar dimana terbentuknya sebuah masyarakat informasi di berbagai bidang. Untuk itu, pemerintah gencar mempersiapkan agar target JCP segera tercapai. Di antaranya dengan membangun infrastruktur jaringan, optimalisasi konten, memaksimalkan pemanfaatan jaringan eksisting, perluasan akses internet serta menyusun regulasi daerah guna mendukung implementasi JCP.

“Tahun 2010 direncanakan akan di bangun infrastruktur jaringan, yakni koneksi WAN antar OPD (Organisasi Perangkat Daerah), koneksi integrasi jaringan provinsi dengan 260 kecamatan, serta koneksi integrasi jaringan provinsi dengan pedesaan berbasis mobilephone,” jelas Deni.

Diceritakannya, optimalisasi konten di wujudkan melalui e-office, sebagai salah satu langkah menuju paperless. Sedangkan untuk memperluas akses internet, akan dibangun fasilitas hotspot bagi masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar