Rabu, 23 Desember 2009

Pelatihan Excel Untuk Pamong Desa Sukapura

Sudah menjadi keharusan bagi setiap perguruan tinggi untuk mengabdi kepada masyarakat. Melalui berbagai macam cara yang positif, instusi pendidikan dapat menyumbangkan kemampuannya bagi masyarakat umum.




Hal ini pula yang dilakukan kampus Institut Teknologi Telkom melalui unit Training and Community Service dalam gelaran acara Training pengenalan Microsoft Excel dan Word bagi para pamong desa yang bekerja di kantor Desa Sukapura. Acara yang digelar Rabu ini ( 23/12 ) mengambil tempat di laboratorium Fakultas Teknik Informatika, Gedung F Lantai 2.

Acara yang digelar mulai pukul 14.00 wib ini dibimbing langsung oleh dua orang dosen dari fakultas TIF yaitu Erda Guslinar, ST ( Dosen RPLD ) dan Endro Andriyanto, ST.,MT ( Dosen Jaringan Komputer ). Menurut Endro acara ini harus menjadi kegiatan rutin bagi warga masyarakat di sekitar kompleks IT Telkom atau masyarakat umum.

Acara ini hanya berlangsung satu hari dan dihadiri oleh 8 ( Delapan ) orang peserta yang semuanya merupakan anggota perangkat desa Sukapura.


Serahkan Bantuan

Tepat pada pukul 16.30 WIB Camat Dayeuhkolot Drs. Tata Irawan berkunjung ke IT Telkom. Kunjungannya kali ini tak lain ialah untuk menerima sumbangan perangkat PC dari IT Telkom. Kecamatan Dayeuhkolot yang terdiri dari Kelurahan/desa Cangkuang Kulon, Cangkuang Wetan, Citeureup, Dayeuhkolot, Pasawahan, dan Sukapura memang belum begitu banyak disentuh soal Teknologi Informasi.

Dalam sambutan singkatnya Tata menekankan perlunya kerjasama lebih kuat dan baik antara pihak IT Telkom dan Pemerintah setempat.

“ Kami memang masiih tertinggal dalam penerapan teknologi informasi namun kami juga berharap bantuan-bantuan dari kampus IT Telkom yang memang berada di wilayah kecamatan ini untuk lebih meningkatkan kerjasamanya. Dengan adanya pelatihan seperti ini kami sangat berterima kasih karena kami merasa diberi perhatian oleh IT Telkom. “ demikian penjelasan Drs. Tata Irawan.

Beberapa poin penting yang menjadi PR bagi kedua belah pihak antara lain peningkatan kerjasama yang lebih baik antara pemda Kabupaten bandung dan IT Telkom seperti melalui program pelatihan bagi warga sekitar kampus, kesempatan bagi putra dan putri daerah untuk dapat kuliah di kampus IT Telkom dengan standar yang sudah ada, dan juga peningkatan bantuan lain seperti program magang bagi para mahasiswa di departemen-departemen yang berada di Kabupaten Bandung.

Dalam sambutan balasan Direktur Dukungan Akademik IT Telkom Drs. Suwandi MSi mengatakan bahwa kemajuan kampus IT Telkom juga merupakan kemajuan bersama bagi warga sekitarnya. Untuk ke depannya kerjasama ini perlu ditingkatkan.

Menyinggung tentang lamanya AMDAL yang keluar pada saat hendak dilakukan pembangunan gedung Learning Center di awal tahun yang lalu, Camat Dayeuhkolot mengungkapkan bahwa masih terdapat kekurangan dari sisi koordinasi di lingkungan internalnya namun beliau berharap di kemudian hari, kedua belah pihak akan lebih sama-sama menjalin hubungan yang baik.

Sebagai penutup acara pihak IT Telkom menyerahkan 2 set PC dan perlengkapannya untuk diberikan kepada pihak dari desa Sukapura dan desa Dayeuhkolot.

Om David- BSI IT Telkom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar