Selasa, 03 Agustus 2010

Topik Kolaborasi ABG dalam Kunjungan Politeknik Sriwijaya


Sejumlah mahasiswa Politeknik Sriwijaya mengunjungi Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Senin (2/8). Kedatangan mereka disambut hangat Dekan Fakultas Elektro dan Komunikasi IT Telkom, Ahmad Ali Muayyadi, Ph.D dan Direktur Bandung Techno Park, Ir. Jangkung Raharjo, MT di Gedung K kampus IT Telkom.

Pada kesempatan tersebut, Jangkung menyampaikan pentingnya kolaborasi antara akademik, pemerintah dan industri. Kolaborasi ini disebut kolaborasi ABG (Academy, Business and Government).

Ia menyebutkan,
“Kerjasama yang terjalin antara akademik, pemerintah dan industri sangat penting dalam memberikan solusi terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) nasional,”

investasi ICT di Indonesia setiap tahunnya cukup besar. Bahkan bidang telematika menjadi salah satu program pemerintah yakni program Bangun Sektor Industri tahun 2025. Bandung Techno Park (BTP) ditujukan untuk mewadahi Kerjasama yang terjalin antara akademik, pemerintah dan industri.

“Keberadaan Bandung Techno Park dimaksudkan untuk mengoptimalkan potensi sekaligus mensinergikan sumber daya dan potensi yang ada,” kata Jangkung.

Potensi ini, jelasnya, dapat menguatkan citra bangsa Indonesia di mata dunia. Pengembangan dan aktualisasi entrepreneurship masyarakat otomatis memunculkan sumber pendapatan baru.

Bagi dunia pendidikan, BTP menjadi jalan akselerasi pencapaian-pencapaian WCU perguruan tinggi di Indonesia. Salah satunya dengan hak paten dan penerapan hasil-hasil riset terapan yang inovatif dan bernilai jual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar