Jumat, 17 Desember 2010

Teknologi Informasi untuk Perpustakaan Masa Kini

Pada Acara Studi Banding Prodi Ilmu Perpustakaan FISIP Universitas Wijaya Kusuma Surabaya ke Perpustakaan IT Telkom


Pesatnya perkembangan teknologi informasi menginspirasi ranah perpustakaan untuk memanfaatkannya. Selain efektifitas, teknologi informasi menjadi upaya paling efisien untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan. Ketua Program Studi Ilmu Perpustakaan FISIP Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Drs. H. Karno Naim menyadari pula hal itu.

“Jaman sekarang hampir sudah tidak ada batas antara ruang dan waktu. Itu karena teknologi informasi terus berkembang,” kata Karno, disela-sela acara kunjungan studi banding Program Studi Ilmu Perpustakaan FISIP Universitas Wijaya Kusuma Surabaya ke Perpustakaan Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Selasa (14/12).



Disampaikan Kepala Bagian Perpustakaan IT Telkom, Dra. Yani Nuraeni,

“Sudah cukup lama Perpustakaan IT Telkom menerapkan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas fasilitasnya. Salah satunya, Digital Library yang memberi kemudahan dalam melakukan pencarian buku. Sistem Informasi Perpustakaan IT Telkom, yakni DeLA System, membantu hampir seluruh kegiatan operasional perpustakaan,”

DeLA System mudah dipahami karena menggunakan bahasa Indonesia. Program ini dikembangkan oleh pustakawan, mahasiswa dan alumni IT Telkom. DeLA System menggunakan teknologi barcode scanner dalam proses administrasi dan sirkulasi bahan pustaka.

Perpustakaan juga mengembangkan website yang bisa diakses melalui http://www.ittelkom.ac.id/library. Website menyediakan jurnal online, e-book, ensiklopedi ICT, penelusuran katalog, file elektronik TA/PA dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar