Kamis, 09 Juli 2009

Mary Kathleen McClintic,MA : “Getting Amazing Things,”

“Getting amazing things,” pungkas Mary Kathleen McClintic,MA saat mengungkapkan kesannya selama mengajar di Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Senin (15/6).


Berawal dari grant yang diberikan Regional English Language Office (RELO) Kedutaan Besar Amerika kepada IT Telkom Juni 2008, sosok yang akrab di panggil Katy ini menjadi dosen tamu di IT Telkom. Masa tugasnya selama 10 bulan, terhitung mulai September 2008 dan berakhir pada Juni 2009. Dan sekarang, usai sudah tugas Katy mengabdi di IT Telkom.

Mary Kathleen McClintic,MA,“Getting Amazing Things,”


Selama keberadaannya di IT Telkom, Katy banyak memberikan kontribusi positif berupa pengajaran dan pengembangan sistem pembelajaran bahasa Inggris. Kendati demikian, Katy mengaku banyak menggali pengalaman di IT Telkom, terutama terkait sistem pendidikan. Ia pun mengaku kagum dengan upaya-upaya yang dilakukan tim dosen bahasa Inggris IT Telkom dalam membangun kultur bahasa Inggris.

“Antusias dan kreatif, itulah yang saya kagumi dari mereka. Selalu ada inovasi atau hal-hal baru dalam metode pembelajaran bahasa Inggris, terutama metode pembelajaran yang menekankan pada tingkat pemahaman mahasiswa. Mengajak mahasisiswa untuk senantiasa terus berlatih. Bagaimanapun juga, inovasi metode pembelajaran sangat berkontribusi dalam membangun kultur bahasa Inggris di kampus,” jelas Katy.

Bersama Katy, tim dosen IT Telkom melakukan berbagai kegiatan kegiatan sosial sebagai salah satu implementasi tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Di antaranya melalui kegiatan seminar dan pelatihan. Memang IT Telkom bukan pengalaman pertama bagi Kathleen untuk berada di Indosesia. Sebelum mengajar di IT Telkom, Katy sempat mengajar juga di Bengkulu. Lagi-lagi ia mengatakan, “Getting amazing things,” saat mengungkapkan kesannya selama berada di Indonesia.

“Selama di Indonesia, saya banyak mengenali budaya dan karakteristik orang Indonesia. Setiap negara memang memiliki keunikan tersendiri. Tentunya semua itu menjadi pengalaman yang sangat berharga,” tutur Katy.

Baginya, Indonesia adalah negeri yang unik dan nyaman. Banyak pengalaman menarik dari interaksi sosial selama ia tinggal di Indonesia. Belajar bagaimana kebutuhannya, gaya hidupnya, agamanya, dan aneka ragam budayanya. Katy berharap suatu saat ia dapat mengetahui lebih dalam tentang Indonesia. Paling tidak, sekedar untuk menambah pengalamannya. Ia merasa, banyak hal positif yang ia pelajari selama di Indonesia. Pun, ia berharap teman-temannya di Amerika juga bisa mengenal Indonesia lebih dekat. “Sungguh disayangkan jika orang-orang di luar sana tidak mengenal Indonesia. Unfortunately!” pungkas Katy.

2 komentar:

  1. bagus yeih,..cobanya bisa wancara eksklusif format TJ...

    BalasHapus
  2. Ide bagus Kang... Hatur Nuhun. Nanti saya coba buat format yang demikian.

    BalasHapus