Jumat, 03 Juli 2009

Riset Mutlak Bagi WCU

Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) mencanangkan World Class University (WCU) di tahun 2017. Artinya, IT Telkom terus berupaya meningkatkan kualitas dan aktivitas penelitian di kampusnya. karena penelitian memang syarat mutlak yang harus dipenuhi perguruan tinggi untuk mencapai WCU.

“Kemampuan riset dosen dan mahasiswa harus senantiasa ditingkatkan,” ujar Kepala Bagian Research Center, Dharu Arseno, ST., MT dalam presentasinya Sinergi Penelitian di IT Telkom menuju WCU 2017 pada Workshop Penelitian, Rabu (17/6).

Kepala Bagian Research Center, Dharu Arseno, ST., MT


Ada dua jenis penelitian menurut Dharu, di antaranya generik dan aplikatif. Bedanya, penelitian generik biasanya hasil penelitiannya bersifat umum dan diimplementasikan secara tidak langsung sedangkan penelitian aplikatif sebaliknya. Fungsi dan peran penelitian seharusnya dapat menjadikan perguruan tinggi sebagai problem solver dan innovation center. Penelitian suatu perguruan tinggi memiliki kontribusi penuh pengembangan ilmu pengetahuan. Begitupun pada peningkatan kualitas pengajaran dan pengembangan kemampuan dosen.

Disebutkan dalam RENETA ( Rencana Empat Tahun ) tahap 2 (2010-2013), IT Telkom menargetkan revenue penelitian minimal 20% serta 15 buah HKI. Beberapa program yang akan dijalankan di antarnya dengan menyelenggarakan seminar, mengelola publikasi internasional serta melakukan kerjasama penelitian dengan dengan industri dan institusi, baik dari dalam dan luar negeri. Sedangkan pada RENETA tahap 3 (2014-2017) menargetkan revenue penelitian minimal 30% serta 30 buah HKI. Dibarengi dengan beberapa program seminar, publikasi internasional, menulis international text book. Selanjutnya, meningkatkan kerjasama dan penelitian dengan institusi dan industri baik dari dalam dan luar negeri.

“Meningkatkan seminar ilmiah, publikasi dan kegiatan penelitian internal dan eksternal merupakan upaya yang dapat mengembangkan kultur meneliti di IT Telkom,” kata Dharu.

Jelasnya, kultur meneliti dapat juga diciptakan dengan kompetisi. Seperti memberikan reward atau insentif kepada penulis karya ilmiah dan peneliti. Serta memberikan award kepada peneliti terbaik. Pun, pendataan penelitian dan pengajuan HaKI juga penting. Bahkan di IT Telkom, penelitian atau tulisan ilmiah menjadi salah satu kriteria dalam pengukuran kinerja dosen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar