Jumat, 22 Mei 2009

IT Telkom Bangkitkan Minat Menulis

IT TELKOM, JUMAT (22/5)-Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) bangkitkan minat menulis di lingkungan kampusnya. Hal itu ditunjukan dengan mengadakan kuliah umum yang diselenggarakan di gedung K Kampus IT Telkom, dengan tema “Menemukan Potensi Diri melalui Kemampuan Menulis “, Sabtu (2/5).

Materi penulisan dan jurnalistik disampaikan Dosen Jurnalistik Universitas Padjadjaran (UNPAD), Maimon Herawati , S.Sos, M.Litt,



“Peninggalan terpenting sebuah peradaban adalah karya tulis,” ujar Maimon, saat memberikan kuliah umum pada mahasiswa IT Telkom.






Kendati berlatar belakang teknik, Maimon menyarankan mahasiswa IT Telkom untuk memiliki kemampuan menulis mengingat teknologi tidak bisa dipisahkan dari peradaban. Ia yakin, sebuah karya tulis akan memperkaya suatu peradaban.

“Jika ingin membangun peradaban, maka buatlah tulisan. Sebaliknya, jika ingin menghancurkan peradaban maka hancurkanlah tulisannya,” Menurutnya, menulis sama halnya dengan mentransfer kecerdasan pada pembacanya.

Tidak semua orang memiliki kemampuan dan bakat menulis. Maimon menilai, itu bukan masalah selama seseorang memiliki tekad yang kuat untuk menulis. “Menulis harus dimulai dari tekad dan disiplin,” ujar Maimon.

Disampaikan Maimon, mahasiswa dapat memanfaatkan media masa untuk mempublikasikan ide dan pemikirannya. Bentuk jenis publikasi tulisan diantaranya non-fiksi, fiksi atau pun jurnalisme sastrawi. Ia juga menekankan pentingnya keberadaan jurnalisme tumbuh di tengah lingkungan kampus. Membangun media atau karya jurnalistik kampus tidak asal. Karya jurnalistik harus tetap menjaga kaidah-kaidah yang ada. Diantaranya singkat, jelas, lugas,menarik, seimbang, adil, actual, faktual dan akurat.

2 komentar:

  1. Tulisan yang menarik. Selasa lalu saya juga menjadi salah satu pembicara di pameran buku di Istana Plaza Bandung. Saya bersama penulis buku lainnya memberikan motivasi penulisan bagi pengunjung mall tersebut.

    Alhamdulillah saya juga salah satu blogger yang pernah menulis untuk sebuah buku. Sekaligus pengalaman saya ini diberiskan dalam sesi metode penulisan baik untuk buku maupun media blog. Jadi saya sangat bangga acara seperti ini bisa dijadikan salah satu kuliah umum di kampus ini.

    Salut untuk kegiatannya.

    http://edittag.blogspot.com

    BalasHapus