Senin, 18 Mei 2009

Bamcas, Solusi PC Bambu


IT TELKOM, SENIN (18/5)- Namanya Bamboo Casing PC Exotic Robust Affordable atau Bamcas, merupakan casing Personal Computer (PC) yang terbuat dari bambu.

Bamcas merupakan buah karya yang unik, kreatif sekaligus eksotik dari sekelompok mahasiswa Institut Teknologi Telkom (IT Telkom). Mereka adalah Fuad Prasetyo, mahasiswa Teknik Telekomunikasi 2007; Syukron Ma’mun, mahasiswa Sistem Komputer 2007; Afdal Syaputra mahasiswa Teknik Informatika 2007; Y.S Nendhya, mahasiswa Sistem Komputer 2007, dan Eva Nur Hazizah mahasiwa Teknik Informatika 2007.

“Bambu cocok sebagai solusi alternatif untuk casing PC. Pasalnya, bambu mampu menyerap panas,” ujar Fuad.

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil bambu terbesar sehingga persediaan bambu sangat melimpah, Namun, pengembangannya masih terbilang rendah sehingga sebagai material lokal bambu kerap terpinggirkan.

“Bambu memiliki keunggulan tersendiri. Selain artistik, bambu pun merupakan material yang awet,” kata Fuad.

Jelasnya, kekuatan bambu terletak pada struktur seratnya yang lurus dan sejajar. Seratnya sangat baik untuk menahan beban tekanan, getaran maupun tarikan. Kekuatan bambu yang berkualitas relatif sama dengan kayu. Pada casing PC, material bambu dapat mengurangi efek getar yang ditimbulkan PC.

Bambu yang digunakan sebagai bahan baku casing PC adalah bambu gombang. Menurut Fuad, bambu tersebut kualitas nomor dua. Sebelum disulap menjadi casing PC, bambu mesti diawetkan terlebih dahulu.Cara pengawetannya pun mudah dan sederhana. Pertama, bambu dipotong-potong sesuai dengan ukuran standar rangka PC. Sementara itu siapkan larutan Borax dan Borix Acid dalam air mendidih. Perhatikan, perbandingan antara Borax dan Borix Acid harus 2:3. Kedua, masukan potongan bambu kedalam larutan tersebut kemudian tutup rapat-rapat, rendam bambu selama satu minggu. Ketiga, setelah direndam bambu kemudian dijemur di bawah terik matahari. Pengeringan juga bisa dilakukan dengan pengovenan.

Menurut Fuad, pengawetan penting dilakukan untuk menghilangkan sari makanan yang ada pada bambu sehingga tidak mudah terserang rayap. Setelah proses pengawetan struktur bambu cenderung lebih keras dari sebelumnya. Ini menjadikan bambu semakin kuat dan berkualitas.

“Sebisa mungkin Bamcas dapat meminimalisir penggunaan material logam sehingga penyambungan antar bambu pada Bamcas tidak menggunakan paku, melainkan dengan lem dan pasak,” katanya.

1 komentar: