Rabu, 16 September 2009

Dosen IT Telkom Raih Beasiswa Doktor

Dua dosen Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Erwin Susanto, ST.,MT dan Dana Sulistyo Kusumo, ST.,MT, meraih beasiswa untuk melanjutkan program doktor di luar negeri. Erwin mendapat beasiswa untuk melanjutkan program doktor di Kumamoto University Jepang, sedangkan Dana melanjutkan program doktornya di South Wales University Australia.

“Idealnya, dosen perguruan tinggi bergelar doktor,” kata Rektor IT Telkom, Ir. Husni Amani, MM.,MSc, saat ditemui usai penandatanganan Kontrak Beasiswa S2 dan S3 Luar Negeri Perguruan Tinggi Swasta Wilayah Kopertis IV Wilayah Jawa Barat (Jabar) dan Banten, Kamis (10/9).

Jelas Husni, peningkatan jenjang pendidikan dosen diarahkan pada pengembangan universitas. Pengembangan tersebut mencakup penelitian dan pengajaran. Memang tidak mudah memenuhinya, tergantung pendanaan juga. Namun, setiap perguruan tinggi punya target dalam peningkatan kualitasnya.

Dari 473 perguruan tinggi yang berada di bawah Kopertis IV Wilayah Jabar dan Banten, hanya enam yang mendapat kesempatan program beasiswa ke luar negeri, termasuk IT Telkom. Kopertis sendiri berperan dalam melakukan pembinaan, pengawasan, evaluasi dan menyalurkan dana beasiswa. Senada Husni, Abdul pun menganggap peningkatan kualitas pengajar adalah bagian terpenting dari pengembangan perguruan tinggi.

Disampaikan Koordinator Kopertis IV Jabar dan Banten, Prof. Dr. Abdul Hakim Halim,

“Ada dua cara untuk meningkatkan kualitas dosen, di antaranya dengan meningkatkan jenjang pendidikannya serta meningkatkan jabatan akademiknya,”

Abdul pun berpesan, usai meraih gelar doktor di luar negeri, pengambil beasiswa wajib mengabdi pada perguruan tinggi dimana ia mengajukan program beasiswa tersebut. Lamanya minimal selama tujuh tahun. Jika tidak, biaya yang sudah digunakan untuk kuliah harus dikembalikan lagi. Pun, selanjutnya dosen harus segera mengurus jabatan akademiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar