Rabu, 16 September 2009

SMK Bina Putra Nusantara Siapkan Lulusan Mahir TIK

SMK Bina Putra Nusantara Tasikmalaya siapkan lulusan mahir Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kabar itu dihembuskan Wakil Kepala Sekolah Bidang SMK Bina Putra Nusantara, Agus Sugiarto, saat melakukan kunjungan studi banding ke Institut Teknologi Telkom, Jumat (28/8).


“SMK Bina Putra Nusantara membuka kompetensi keahlian Teknik Transmisi Telekomunikasi untuk tahun ajaran 2009-2010,” kata Agus saat menyempatkan diri berkunjung ke laboratorium Sistem Komunikasi Serat Optik Fakultas Elektro dan Komunikasi IT Telkom.

Agus menilai, ada kolerasi antara Teknik Transmisi Telekomunikasi SMK Bina Putra Nusantara dengan Teknik Telekomunikasi IT Telkom kendati di level yang berbeda. Oleh karena itu, SMK Bina Putra Nusantara gencar melakukan studi banding ke lembaga pendidikan berbasis TIK termasuk IT Telkom.

“Mewujudkan sistem pembelajaran yang ideal adalah tugas besar bagi civitas akademika SMK Bina Putra Nusantara. Studi banding ke IT Telkom akan menjadi bahan pertimbangan bagi kami untuk menentukan kebutuhan SMK Bina Putra Nusantara ,” jelasnya.

Kurikulum dan silabus level SMK dan perguruan tinggi jelas memiliki perbedaan. Namun, Agus berharap dapat mengemas kembali sehingga sesuai dengan level SMK. Pasalnya, animo masyarakat cukup besar pada bidang TIK. Belum lagi jumlah SMK berbasis TIK masih terbatas di Indonesia. Di Tasikmalaya saja dari 153 pendaftar, hanya 75 siswa yang dapat diterima Teknik Transmisi Telekomunikasi SMK Bina Putra Nusantara. Harapannya, siswanya akan diarahkan menjadi lulusan siap kerja, wirausaha dan keberlanjutan studi ke perguruan tinggi.

2 komentar:

  1. Sip Lah semoga kerja sama SMK Bina Putera Nusantara dengan IT Telkom bisa lebih erat lagi... bravo IT Telkom

    BalasHapus