Rabu, 16 September 2009

Edukasi Perbankan Sosialisasikan Cashless Society

Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) bersama Bank Central Asia (BCA) dan Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan edukasi perbankan, Selasa (25/8). Bentuk edukasi berupa sosialisasi penggunaan kartu sebagai instrumen pembayaran nontunai di era Cashless Society ke depan. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk seminar itu diikuti oleh mahasiswa IT Telkom. Acara berlangsung di Vip B Gedung Serba Guna kampus IT Telkom.

“Mahasiswa boleh dibilang sebagai agen perubahan. Mereka adalah calon-calon pelaku ekonomi masa depan. Oleh karena itu, edukasi perbankan terkait pembayaran nontunai guna menciptaakan Cashless Society penting diterapkan di perguruan tinggi, termasuk di IT Telkom,” jelas Iwan Isdawarman, staf humas BCA.


Secara global, perkembangan transaksi ekonomi kini mengarah pada terbentuknya cashless society. Tampak dari besarnya animo masyarakat melakukan transaksi melalui perangkat elektronik seperti mobile banking, ATM, e-payment, e-money, dan e-banking. Tak dipungkiri, transaksi elektronik terus meningkat sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan teknologi sistem pembayaran.

“Efisiensi dan efektifitas transaksi keuangan, itulah nilai tambahnya. Pasalnya, instrumen pembayaran nontunai memudahkan kasir dan kostumer untuk meminimalisir tumpukan uang. Banyak negara sudah mulai beralih ke transaksi nontunai. Saya yakin Indonesia pun bisa beralih kesana” pungkas Iwan.

Sebagai calon agen perubahan di masa depan, mahasiswa mau tidak mau harus siap memasuki era transaksi nontunai. Apalagi instrumen perbankan terus mengalami peningkatan guna mencapai ke efektifan, keefisienan dan keamanan yang maksimal. Diakui mahasiswa Teknik Telekomunikasi 2009 yang menjadi peserta seminar saat itu, Deden Denni Rendra,

“Pelaku ekonomi bukan hanya pebisnis atau pengusaha saja, melainkan mahasiswa dan lapisan masyarakat lainnya juga. Jadi, masyarakat dan mahasiswa juga perlu mendapatkan edukasi tentang perbankan,” ujar Deden.

Sosialisasi tersebut menyampaikan materi tentang edukasi kartu pembayaran. Secara detai mengungkapkan manfaat kartu pembayaran bagi masyarakat, khususnya mahasiswa. Terdapat berbagai macam kartu pembayaran yang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi Dalam sosialisai tersebut, BCA juga memberikan tips pemilihan kartu pembayaran yang cocok bagi mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar