Sabtu, 24 Oktober 2009

Sidang Senat Terbuka IT Telkom Periode Oktober 2009

Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) menyelenggarakan Sidang Senat Terbuka Wisuda Lulusan IT Telkom Periode Oktober 2009, Sabtu 24 Oktober 2009. Acara berlangsung pukul 09.00, di Gedung Serba Guna (GSG) Kampus IT Telkom, Jl. Telekomunikasi No. 1, Terusan Buah Batu, Bandung. Sidang senat kali ini adalah wisuda ke-empat sejak perubahan STT Telkom menjadi IT Telkom. IT Telkom mewisuda 629 lulusan yang terdiri dari lulusan program studi Pascasarjana, Sarjana dan Diploma III. Proses berlangsungnya wisuda, disaksikan oleh Direktur Human Capital General and Affairs PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk, Direktur IT & Supply PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk, Ketua Dewan Pengurus YPT, Koordinator Kopertis Wilayah IV Jawa Barat & Banten, Orang tua serta keluarga Wisudawan dan Wisudawati, Anggota Senat IT Telkom, Dosen dan Staf IT Telkom.



Jumlah wisudawan kali ini adalah jumlah terbesar. Dari jumlah tersebut, terdiri dari 17 lulusan program Pascasarjana Teknik Telekomunikasi, 264 lulusan program Sarjana Teknik Telekomunikasi, 118 lulusan program Sarjana Teknik Industri, 148 lulusan program Sarjana Teknik Informatika, 61 lulusan program Ahli Madya Teknik Telekomunikasi, dan 21 lulusan program Ahli Madya Teknik Informatika.

Demikian pula institusi memberikan penghargaan pada wisudawan yang memperoleh Predikat Kelulusan dengan Pujian (cum laude) sejumlah 66 orang, Predikat Kelulusan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi di setiap program studi (seluruhnya 6 orang), dan Predikat Kelulusan Tercepat atau lebih cepat dari waktu yang dijadwalkan sebanyak 5 orang. Sejak 19 tahun berdirinya, IT Telkom (sebelumnya STT Telkom) telah meluluskan 10.907 lulusan. Termasuk wisudawaan dan wisudawati yang diluluskan pada Sidang Senat Terbuka IT Telkom Periode Oktober 2009.

Sambutan di sampaikan Rektor IT Telkom, Ir. Husni Amani, MM.,MSc pada Sidang Senat Terbuka Wisuda Lulusan IT Telkom Periode Oktober 2009. Dalam sambutannya tersebut ia menyampaikan,

“Terdapat pertumbuhan hampir 100% pada komposisi wisudawan berpredikat cum laude dibandingkan semester lalu. Hal ini menunjukan, adanya peningkatan semangat dari mahasiswa IT Telkom untuk bekerja keras dan memiliki semangat fair competition sebagai bekal di dunia kerja,”

Pada kesempatan ini pula, Chief of Information Technology (CIO) PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk, Indra Utoyo menyampaiakan orasi ilmiahnya. Ia mengangkat topik orasi mengenai Ekonomi Kreatif dan ICT di Era Digital. Disampaikan Indra,

“Telah banyak keterampilan yang dipelajari wisudawan selama berada di IT Telkom. Keterampilan itu sangat dibutuhkan oleh industri kreatif. Imajinasi, ide-ide yang tak terduga, kebijaksanaan, keebenaran dan jaringan kerja sama yang pernah di rintis, semuanya adalah modal untuk menikmati sukses besar sebagai pemimpin dalam profesi dan masyarakat,”

Jelasnya, ekonomi kreatif berlandaskan pada bisnis ide, dan mengubah ide tersebut menjadi produk. Paradigma ini menggabungkan 2 hal, yakni kreativitas dan ekonomi. Keduannya menjadi satu kombinasi yang menghasilkan nilai-nilai kemakmuran. Ekonomi baru ini digerakan oleh generasi muda yang kreatif, memiliki kemampuan teiknologi dan mamiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi. Dikatakannya,

“Industri kreatif mampu mendorong laju perekonomian menjadi lebih tinggi dibanding sektor lain, seperti industri jasa dan industri manufaktur. Riset The Ricard Florida Creativity Group menyebutkan, sektor kreatif dengan jumlah pekerja 30% dari total industri mampu menghasilkan upah gaji hampir 50%,”

Kepada wisudawan, Indra berpesan agar terlibat langsung dalam proses pembangunan nasional dengan menyumbangkan ide-ide kureatif, cemerlang dan produktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar