Rabu, 14 Oktober 2009

Semangat geMasTIK-II/2009 Picu Atmosfir TIK

geMasTIK-II/2009 telah usai, namun gemanya masih memicu semangat mahasiswa untuk terus berkompetisi . Senada apa yang diungkapkan Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DP2M) Direktorat Jendral Pendidikan tinggi Departement Pendidikan Nasional RI, Prof. Dr. Ir Suryo Hapsoro Tri Utomo, M.Eng,




“TIK sangat penting karena peranannya dalam memberi kontribusi ke berbagai bidang. Atmosfir pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) harus terus ada bahkan dalam kehidupan akademik sehari-hari. Dengan demikian, geMasTIK membekali generasi muda dengan ilmu TIK,”

gemasTIK –II/2009 yang telah berlangsung Rabu-Kamis, 7-8 Oktober 2009 di kampus Institut Teknologi Telkom (IT Telkom). Dalam kompetisi ini, Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil meraih piala bergilir "Samyakbya Padesa Widya" .
Pada Smartware Contest, juara I berhasil diraih oleh tim OTOCCTV (IT Telkom). Sedangkan juara II oleh tim AKOESTISCHE dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan juara III diraih oleh tim ITS COOL (ITS). Pada Application Contest, juara I berhasil diraih oleh tim E-Class (ITS. Sedangkan juara II diraih oleh tim E-01 (PENS) dan juara III oleh tim BBS (ITS). Pada Data Mining Contest, juara I berhasil diraih tim Paradise (ITB). Sedangkan juara II diraih oleh tim Rhasta dari Universitas Indonesia (UI) dan juara III diraih oleh tim Ritme Nada (ITB). Pada Programming Contest, juara I diraih oleh tim Drunken Panda dari Universitas Bina Nusantara (Binus). Sedangkan juara II diraih tim Recursion (UI) dan juara III diraih oleh Solitude (Binus). Pada Network Security Contest, juara I diraih oleh tim >:) Devil (ITB). Sedangkan juara II diraih tim Offline (IT Telkom) dan juara III diraih tim Nubi Hakeru (ITB). Pada Business Game Contest, juara I diraih Densus 89 (IT Telkom). Sedangkan juara II diraih oleh tim Dynamic (ITS) dan juara III diraih oleh tim The Kryptonite dari Universitas Gajah Mada (UGM). Pada Game Development Contest, Juara I diraih oleh tim Cahaya (ITB). Sedangkan juara II diraih oleh Palapa Studio (IT Telkom) dan juara III berhasil diraih tim Omong Kosong (UGM).



Karena keunggulan inovasi dan kreativitasnya, masing-masing juara I berhak mendapatkan penghargaan berupa uang tunai sebesar Rp. 10.000.000,-. Dan bagi juara II, masing-masing mendapat Rp. 7.500.000,-, sedangkan juara III masing-masing mendapat Rp. 5000.000,-.

Pada ICT Paper Contest, juara I berhasil diraih Angga Kho Meidy (UI) dan mendapat penghargaan berupa uang tunai sebesar Rp. 4000.000,-. Sedangkan juara II berhasil diraih Mario Fransisco dari Universitas Budi Luhur, dan mendapat penghargaan sebesar Rp. 3000.000,-. Mahasiswi IT Telkom, Innayah Nurlia Roza, meraih juara III dan mendapatkan penghargaan sebesar Rp. 2000.000,-.
Penghargaan juga diberikan pada peserta yang paling bersemangat dan memberikan inspirasi menurut penilaian Dewan Juri. Mereka adalah TRICHILDTI dari Politeknik Negeri Banjarmasin. Keikutsertaannya dalam Application Contest , telah menjadikannya “The Most Inspiring Team” dan mendapatkan penghargaan berupa uang tunai sebesar Rp. 3.500.000,-.

geMasTIK-II/2009 telah menghasilkan juara-juara yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia . Kebanggaan itu pun muncul dari kalangan industri. Seperti yang disampaikan Marketing Communications Manager PT. Tera Data Indonusa (AXIOO), Gita Surya Wijaya, pada acara Welcome Party geMasTIK-II/2009,
“TIK sudah masuk di ranah pendidikan. geMasTIK-II/2009 diharapkan dapat menghasilkan mahasiswa kreatif yang mampu berkecimpung di dunia TIK internasional,”
Di tengah perkembangan TIK yang kian menjanjikan, tidak salah jika kompetisi TIK mengarah pada eksploitasi kreativitas mahasiswa yang ‘padat otak’. Dengan demikian, kehadiran geMasTIK akan senantiasa memberi inspirasi pada dunia pendidikan dan teknologi. Kita tunggu geMasTIK berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar