Senin, 08 Juni 2009

Critical and Creative Thinking: Making Connections and Inspiring Teachers

Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) bersama Regional English Language Office (RELO) Kedutaan Besar Amerika Serikat menyelenggarakan International Workshop: “Critical and Creative Thinking: Making Connections and Inspiring Teachers”. Acara tersebut berlangsung di Kampus IT Telkom, Jumat-Sabtu (29-30/5). Peserta yang terdiri dari 250 guru yang berasal dari 35 SMU dan SMP se- Jawa Barat.

Disampaikan Ketua Penyelenggara Workshop, Retno Hendriyanti, SS.,MPd,

“Acara ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat dosen Fakultas Sains IT Telkom yang mengundang guru-guru Bahasa Inggris SMP dan SMU se-Jawa Barat, mahasiswa jurusan Bahasa Inggris, serta umum,”




Disampaikannya, melalui pengabdian masyarakat diharapkan dapat membuka wawasan kalangan guru mengenai cara-cara sederhana yang dapat diimplementasikan dalam proses pengajaran bahasa Inggris di kelas. Di antaranya melalui praktikum, eksperimen sains atau bidang keterampilan tertentu. Intinya, segala cara yang dapat menstimulasi cara berpikir siswa dalam mempelajari bahasa Inggris.

“Workshop lebih menekankan pada berbagi pengalaman dalam hal pengajaran mengenai sistem pengajaran yang memungkinkan siswa untuk lebih kreatif dan merasa senang mempelajari bahasa Inggris. Tidak hanya berlatih untuk menghadapi soal ujian, melainkan berlatih pada penggunaan bahasa Inggris dalam percakapan,”

Menurutnya, kebutuhan metode pengajaran yang mampu menstimulasi siswa untuk berpikir kritis memang telah menjadi isu utama. Pada workshop kali ini, tim pembicara dari IT Telkom dan RELO akan berbagi mengenai cara sederhana sekaligus kreatif, yang mudah dilakukan dan diterapkan oleh guru di dalam kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar