Kamis, 04 Juni 2009

IT Telkom GeMasTIK-II 2009 : Kompetisi Kreativitas Padat Otak











Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional (DIKTI-DEPDIKNAS) kembali menyelenggarakan Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (geMasTIK) untuk kedua kalinya. GeMasTIK menampilkan keunggulan pendidikan, penelitian serta pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melalui kompetisi yang dapat diikuti oleh mahasiswa tingkat sarjana dan diploma dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Kompetisi akan memperebutkan piala bergilir "Samyakbya Padesa Widya".


GeMasTIK-II 2009 terdiri dari 8 kategori, di antaranya Smartware Contest, Application Contest, Programming Contest, Data Mining Contest, Network Security Contest, Business Game Contest, Game Development Contest, dan ICT Paper Contest. Smartware Contest meliputi Automation Electronics Design Student Contest, Acoustic, Speech, and Signal Processing Student Contest, Antenna and Propagation Student Contest. Sedangkan Business Game Contest meliputi Business Game, Business Plan Contest dan Business Experiences Contest. Dan Application Contest meliputi Sistem Informasi Manajemen Contest, Geographic Information System Contest, e-learning Contest, Decision Support System Contest, dan Mobile Aplication Contest. Tema yang diangkat dalam geMasTIK 2009 kali ini adalah "Inovasi TIK untuk meningkatkan daya saing dan martabat bangsa" dengan slogan "Semangat Berinovasi".

“Seiring dengan potensi dan perkembangan bisnis TIK yang kian menjanjikan, maka kompetisi bidang TIK mengarah pada eksploitasi kreativitas yang padat otak,” ujar penggagas sekaligus penanggung jawab geMasTIK, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Pemasaran IT Telkom Imam Harjono, Ir., MBAT.







Disampaikannya, GeMasTIK-II 2009 bertujuan untuk menjembatani hasil riset dan informasi mengenai perkembangan Information Communication Technology (ICT) antara pihak akademisi, industri, dan pemerintah. Dengan demikian dapat diketahui kebutuhan dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang TIK serta trend teknologi kedepan.

Disampaikan pula Ketua Pelaksana GeMasTIK-II 2009 sekaligus Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IT Telkom Ir. Miftadi Sudjai, MSc,

“Selain kompetisi TIK, GeMasTIK-II 2009 juga akan didukung beragam acara diantaranya Seminar TIK, ICT Gathering, pameran produk TIK, Pentas Budaya dan Seni serta City Tour,”

Jelasnya, seminar ICT yang akan diselenggarakan adalah seminar Industrial Engineering Conference on Telecommunication (INDECT) 2009. Pastinya acara tersebut akan menghadirkan pembicara dari kalangan profesional, akademisi, pemerintahan, asosiasi serta industri ICT. Sedangkan ICT Gathering memungkinkan menjadi acara silaturahmi sekaligus media sharing antara perguruan tinggi, industri dan mahasiswa terkait isu-isu mutakhir dunia ICT serta pengembangannya di masa depan. Pun, karya peserta akan dipamerkan pada Pameran ICT GeMasTIK-II 2009,

“Tujuannya untuk mensosialisasikan hasil karya pada masyarakat, sekaligus memamerkannya pada kalangan industri. Momen ini memungkinkan adanya ketertarikan industri untuk mengadopsi hasil riset peserta lomba,”

Selain piala bergilir, pemenang gand final GeMasTIK-II 2009 berhak mendapatkan sertifikat DIKTI serta uang tunai Rp 7.5 juta (untuk pemenang I Kontes Beregu), Rp 5 juta (untuk pemenang II Kontes Beregu), Rp 2.5 juta (untuk pemenang III Kontes Beregu), Rp 4 juta (untuk pemenang I Kontes Perseorangan), Rp 3 juta (untuk pemenang II Kontes Perseorangan), dan Rp 2 juta (untuk pemenang III Kontes Perseorangan). Total hadiah untuk seluruh kategori lomba dan lomba pendukung adalah sebesar Rp 150 juta.

Kompetisi TIK dilakukan dalam 2 babak, yaitu babak penyisihan dan babak final. Proses pendaftaran peserta sampai babak penyisihan dilakukan secara online. Pendaftaran GeMasTIK-II 2009 telah dibuka sejak April lalu. Untuk menjangkau luas mahasiswa se-Indonesia, pendaftaran untuk semua kategori diperpanjang sampai 30 Juli 2009. Seluruh kegiatan dan pelaksanaan final geMasTIK 2009 diselenggarakan kampus IT Telkom, Jl. Telekomunikasi, Terusan Buah Batu Bandung. Babak final geMasTIK 2009 akan diselenggarakan pada tanggal 7-8 Oktober 2009. Proses pendaftaran online dan informasi lengkap dapat di akses melalui website http:// www.gemastik.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar