Kamis, 28 Oktober 2010

ICTEL 2010 : “The Balance Improvement on Quality of Infrastructure and Information for The Convergence of ICT”


Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) menggelar International Conference on Telecommunication (ICTEL) 2010 di Hotel Savoy Homann Bandung, Rabu-Kamis (27-28/10). Penyelenggaraan ICTEL yang ke-6 (enam) ini mengangkat tema “The Balance Improvement on Quality of Infrastructure and Information for The Convergence of ICT”. Konferensi menghadirkan praktisi dan akademisi TIK dari Universitas Putra Malaysia, M. Iqbal Syarifan, praktisi TIK dari PT. Telkom, Mustapa Wangsaatmadja, praktisi TIK dari ZTE, Gandeva Bayu Satrya, serta beberapa praktisi ICT dari kalangan industri.

Akademisi IT Telkom sekaligus Ketua Pelaksana ICTel 2010, Indra Chandra, M.Si. mengatakan,“Satu kata kunci untuk Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) masa depan, konvergensi. TIK di era konvergensi membutuhkan keseimbangan antara peningkatan kualitas infrastruktur dan arus informasi. Hal ini kemudian menjadi inspirasi untuk mengangkat tema“The Balance Improvement on Quality of Infrastructure and Information for The Convergence of ICT”pada penyelenggaraan ICTEL tahun ini”.

Sisi lain, kemampuan TIK dalam mengolah dan mengkomunikasikan informasi menjadikannya dapat diterima secara luas. Sehingga ia mampu menerobos pundi-pundi kehidupan masyarakat.Indra menyebutkan, kebutuhan bandwith dan sumber daya TIK di era konvergensi akan semakin besar. Sehingga jumlah informasi harus didukung dengan infrastruktur yang memadai.

Topik konvergensi mewarnai ICTEL 2010 pada sesi plenary session. Selain mengulas perkembangan riset TIK terkini, ICTEL Plenary Session mengangkat wancana tentang standar teknologi dan infrastruktur TIK yang diperlukan suatu negara.ICTel 2010 juga menampilkan presentasi paper para akademisi dan peneliti dalam rangkaian acara Call for Paper. Berbagai lingkup materi relevan juga juga diperbincangkan dalam IndustrialMeeting ICTEL 2010, sekaligus mewadahi kalangan akademisi, industri dan pemerintah untuk berbagi ilmu dan pengalaman.

ICTel merupakan konferensi tahunan. ICTEL pertama kali diselenggarakan di tahun 2005. Forum tersebut merupakan ajang pertemuan antara peneliti, akademisi, pelaku bisnis telekomunikasi, pembuat kebijaksanaan, serta pengguna telekomunikasi. Di tengah pesatnya perkembangan ICT, konferensi ini penting. Pasalnya, perkembangan tersebut diikuti dengan perkembangan aplikasi teknologi yang cepat pula. Dengan demikian, ICTEL 2010 memberikan kesadaran bahwa dunia penelitian dan teknologi mempunyai jarak sangat dekat.

Pengembangan ICT membutuhkan kontribusi kongkrit dan ide-ide kreatif dari berbagai pihak. Mencakup regulasi, bisnis, layanan, konten, jaringan, teknologi dan perangkat infrastruktur ICT. Oleh karena itu, ICTEL 2010 diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap dunia ilmu pengetahuan dan konvergensi TIK di masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar