Senin, 04 Oktober 2010

Peringatan Dies Natalis ke-20/Lustrum IV Institut Teknologi Telkom (IT Telkom)


Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) dengan bangga menyelenggarakan Peringatan Dies Natalis ke-20/Lustrum IV Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Selasa 28 September 2010. Acara ceremonial Peringatan Dies Natalis ke-20/Lustrum IV Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) berlangsung pada hari Jumat, 1 Oktober 2010 di Kampus IT Telkom, Jl. Telekomunikasi, Terusan Buahbatu Bandung. Dengan rangkaian acara di antaranya Sidang Terbuka Senat Dies Natalis ke-20, Sarasehan dan Malam Apresiasi.

Sidang terbuka senat berlangsung di Gedung Serba Guna pukul 09.30 WIB, acara diisi dengan pidato oleh Rektor mengusung tema “Strategi Pencapaian Visi IT Telkom Kedepan setelah Dua Puluh Tahun Mengabdi Negeri”. Kemudian dilanjutkan dengan sarasehan Sumbang Saran Implementasi Strategi Pencapaian Visi IT Telkom di Auditorium- Gedung K. Sedangkan malam apresiasi berlangsung pukul 18.30 hingga 22.00 malam nanti.

Genap 20 tahun Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) mengabdi kepada bangsa Indonesia. Sejak 28 September 1990 IT Telkom berdiri untuk memenuhi kebutuhan industri terhadap tenaga ahli teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Beragam peristiwa dan capaian-capaian terangkum menjadi sebuah metamorfosa bermakna. Mengumandangkan spirit perjuangan dan kerja keras seluruh civitas academica pada setiap periode perjalanan IT Telkom. Kerja keras tersebut tentunya didasari dengan kesadaran akan persamaan visi melalui tugasnya masing-masing.

Tenggat waktu mewujudkan IT Telkom menjadi sebuah WCU pada tahun 2017 semakin dekat, tantangan pun kian berat. Oleh karena itu, Rektor IT Telkom periode 2010-2014, Ir. Ahmad Tri Hanuranto, MT, mengusung satu kata untuk memperkokoh pilar-pilar IT Telom, yakni perubahan.

Ahmad menilai, bangunan megah mesti disokong pilar-pilar kuat nan kokoh. Pun demikian IT Telkom, pilar penopang institusi seperti SDM (Sumber Daya Manusia), infrastruktur, perilaku organisasi, dan keuangan perlu dibenahi agar mampu meraih visi IT Telkom menjadi perguruan tinggi yang fokus di bidang ICT dengan memiliki organisasi yang baik dan excellent, menghasilkan alumni atau SDM yang kompetitif, dan memberi kontribusi besar untuk bangsa Indonesia.

Secara organisasi, IT Telkom memang berubah dari Sekolah Tinggi menjadi Institut pada tahun 2007. Namun, pergantian itu harus juga berlaku pada subtansinya, termasuk perilaku organisasi, kemandirian fakultas, anggaran, akademik, dan infrastruktur.

Untuk meraih visi itu, Ahmad merumuskan 9 (sembilan) rencana strategis yang terdiri dari membangun infrastruktur dan kawasan yang nyaman serta kondusif; membangun komunitas dan peningkatan kesempatan belajar di IT Telkom; memberikan value yang tinggi pada proses belajar mengajar; pengembangan budaya riset; pengembangan entrepreneurship; penguatan sistem penjaminan mutu melalui implementasi tata kelola sesuai prinsip GUG (Good University Governance); memberikan value pada dosen dan pegawai; peningkatan kapasitas finansial; serta empowering (penguatan) fakultas dan sisfo (sistem informasi) sebagai agen perubahan kemajuan IT Telkom.

No border in in global life, pada era globalisasi saat ini tantangan masa depan semakin besar dan kompleks. Bahkan perkembangan ekonomi dan industri di bidang TIK menjadikan batas-batas antar negara menjadi kabur. IT Telkom mesti berubah dalam menghadapi tantangan besar ini. Terinspirasi semangat, pengabdian, dan kesolidan para pendiri serta pengelola IT Telkom sebelumnya, segenap civitas academica sekarang pun bisa mencapai hasil yang lebih tinggi lagi. Dengan kebulatan tekad membangun negeri, IT Telkom maju di garis depan menjadi perguruan tinggi yang unggul di bidang infokom, dan menjadi agen perubahan dalam pembentukan insan cerdas dan kompetitif. Menjadi perguruan tinggi berkelas internasional menjadi satu asa yang ingin diraih IT Telkom pada satu saat nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar