Kamis, 07 Oktober 2010

Utamakan Mutu, D3 Informatika IT Telkom Sandang Akreditasi A

Akreditasi menjadi bagian terpenting untuk mencerminkan mutu program studi di suatu perguruan tinggi. Hal itu pula yang disadari Program Studi D3 Informatika Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) yang kini telah menyandang Akreditasi A dari BAN-PT. Akreditasi A menunjukan program studi Informatika IT Telkom dijamin oleh BAN PT sebagai program studi yang memiliki standard mutu ‘Sangat Baik’.



Tak banyak masyarakat yang menyadari arti penting akreditasi sesungguhnya. Padahal masyarakat jelas memiliki kepentingan terhadap hal tersebut. Calon mahasiswa dan orang tua mahasiswa sebaiknya memperhatikan status akreditasi agar tidak salah langah dalam memilih program studi di perguruan tinggi.

Akreditasi menunjukan penentuan standar mutu dan penilaian terhadap suatu lembaga pendidikan tinggi. Karenanya, BAN-PT merujuk pada konsep dasar bahwa perguruan tinggi sebagai penghasil SDM berkualitas, wadah penelitian dan pengembangan keilmuan, serta sebagai organisasi pengelola pendidikan yang efisien.

Sebagai penghasil tenaga kerja yang bermutu, perguruan tinggi membentuk mahasiswa selama kegiatan belajar dan mengajar. Saat mahasiswa lulus, maka keberhasilannya diukur dari tingkat penyerapan lulusan di tengah masyarakat (employment rate). Selain itu keberhasilan juga dilihat dari tingkat penghasilan yang diperoleh lulusan dalam karirnya.

Kiprah perguruan tinggi di bidang penelitian dilirik dari penghargaan serta publikasi ilmiah di tingkat nasional dan internasional. Selain itu, prestasi penelitian juga dapat dilihat dari asupan dana penelitian yang diterima staf atau organisasinya.

Perguruan tinggi harus menjadi organisasi pengelola pendidikan yang efisien. Perguruan tinggi yang baik akan terus berupaya meningkatkan pengkayaan kehidupan. Indikator suksesnya ditinjau dari cepatnya pertumbuhan jumlah mahasiswa, serta program-program yang ditawarkan. Idealnya rasio antara mahasiswa dan dosen serta rendahnya biaya pendidikan juga kerap dipandang sebagai ukuran keberhasilan perguruan tinggi.

Dengan akreditasi berarti adanya jaminan dari pemerintah bahwa penyelenggaraan program studi D3 Teknik Informatika IT Telkom telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT. Standar tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Program studi yang terakreditasi akan mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat.

Maka inilah jaminan kepuasan bagi publik saat menjadi pengguna lulusan atau pun calon mahasiswa D3 Teknik Informatika IT Telkom. Tak sekedar jaminan, akreditasi adalah tanggung jawab bagi program studi untuk terus melakukan perbaikan serta mempertahankan mutunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar