Senin, 28 Maret 2011

IT Telkom Telurkan 447 Lulusan


Sidang Senat Terbuka Wisuda Lulusan Institut Teknologi Telkom Periode 2 Maret 2011 telah berlangsung Sabtu 26 Maret 2011, pukul 08.00 di Gedung Serba Guna (GSG) Kampus IT Telkom, Jl. Telekomunikasi No. 1, Terusan Buah Batu, Bandung. Sidang senat kali ini adalah wisuda ke-7 (tujuh) sejak perubahan STT Telkom menjadi IT Telkom.

Ada yang berbeda dari wisuda tahun ini dimana periode wisuda dilaksanakan tiga periode dalam setahun. Padahal sebelumnya, wisuda dilaksanakan sebanyak dua periode. IT Telkom mewisuda 447 lulusan yang terdiri dari lulusan program studi Pascasarjana, Sarjana dan Ahli Madya.Dari jumlah tersebut, terdiri dari 16 orang lulusan program Pascasarjana Teknik Elektro-Telekomunikasi, 8 orang lulusan program Pascasarjana Informatika, 232 orang lulusan program Sarjana Teknik Telekomunikasi, 73 orang lulusan program Sarjana Teknik Industri, 90 orang lulusan program Sarjana Teknik Informatika, 11 orang lulusan program Ahli Madya Teknik Telekomunikasi, dan 17 orang lulusan program Ahli Madya Teknik Informatika.

Demikian pula institusi memberikan penghargaan pada wisudawan yang memperoleh Predikat Kelulusan dengan Pujian (cum laude) sejumlah 87 orang, Predikat Kelulusan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi sebanyak 8 orang, dan Predikat Kelulusan Tercepat atau lebih cepat dari waktu yang dijadwalkan sebanyak 6 orang.

Perkembangan teknologi, inovasi, industri semakin tak terelakan. Dalam menghadapi kompetisi tentunya Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) harus memberikan perhatian penuh pada mutu pendidikan yang dihasilkannya, termasuk mutu lulusan.Tak dipungkiri lagi, kualitas menjadi kunci bagi perguruan tinggi untuk menggaet kepercayaan publik. Untuk itu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) menerapkan sistem pendidikan yang bermutu. Berbagai prestasi skala nasional dan internasional diusung IT Telkom sebagai buah hasil dari proses pendidikan yang selama ini berlangsung di IT Telkom.
Sebagai salah satu perguruan tinggi yang fokus di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), IT Telkom terus berupaya meningkatkan daya saingnya. Di penghujung 2010, IT Telkom berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 9001 : 2008 untuk bidang akademik, setelah melewati audit mutu eksternal yang berlangsung November 2010. Sedangkan implementasinya dimulai sejak Juli 2009 dan melewati empat kali audit mutu internal. Setelah melewati visitasi audit mutu final, IT Telkom mendapatkan penilaian positif dari auditor.

Sertifikasi ini baru permulaan. Tantangan ke depan adalah bagaimana IT Telkom bisa konsisten dalam mengimplementasikan ISO dan melakukan improvisasi terhadap institusinya. Unit yang disertifikasi meliputi audit elemen-elemen akademik IT Telkom yakni program studi S1 Teknik Telekomunikasi, S1 Teknik Industri, S1 Teknik Informatika, Bagian Administrasi Akademik, Sistem Informasi, Logistik, SDM, Perpustakaan dan Satuan Penjaminan Mutu.

Tak hanya mengimplementasikan sistem manajemen mutu, sertifikasi ISO menjadi pertanggungjawaban IT Telkom pada Dikti terkait dana Program Hibah Kompetisi Institusi (PHKI).

Pencapaian sertifikasi ISO IT Telkom tak sebatas pada proses bisnis akademik. Kini, IT Telkom tengah mempersiapkan sertifikasi ISO untuk standarisasi mutu non akademik yang ditargetkan terlaksana tahun ini. Sesuai target PHKI, selain sertifikasi bidang akademik IT Telkom juga harus mampu meraih sertifikasi untuk bidang non akademik. Rencananya, sertifikasi non akademik akan dilakukan November mendatang bersamaan dengan proses surveillance ke dua bidang akademik.

ISO sebagai sistem manajemen mutu berstandar internasional. Dengan menerapkan ISO diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan IT Telkom kearah yang lebih baik sehingga dapat memberikan kepuasan terhadap customer.

1 komentar:

  1. bagaimana dengan prodi yang baru untuk jurusan teknik fisika dan ilmu komputasi, bagaimana prospek ke depanya

    BalasHapus