Kamis, 31 Maret 2011

Seminar “Cloud Computing for Future Data Communication”



Cloud Computing, istilah yang cukup sering kita dengar baru-baru ini. Cloud computing sendiri merupakan penggabungan teknologi komputer dan internet. Tidak dapat dipungkiri, laju peningkatan pengguna internet di dunia semakin pesat. Dengan adanya fakta tersebut, peluang bisnis di dunia teknologi bertambah salah satunya adalah Cloud Computing. Di IT Telkom, sejauh ini masih belum banyak yang menyoroti Cloud Computing, oleh karena itu dalam rangka untuk semakin meningkatkan minat riset mahasiswa, Laboratorium Switching Fakultas Elektro dan Komunikasi IT Telkom mengadakan sebuah seminar yang mengangkat masalah Cloud Computing dengan tajuk “Cloud Computing for Future Data Communication” Rabu (23/3) di Gedung Serba Guna(GSG) IT Telkom. Dalam seminar ini, topic diangkat mengenai peluang riset dan bisnis dalam bidang Cloud Computing serta masalah keamanannya (security) karena Cloud Computing memanfaatkan teknologi internet yang notabene kurang aman.

Seminar ini sangat menarik minat mahasiswa baik dari IT Telkom maupun mahasiswa dari luar IT Telkom seperti Politeknik Telkom. Terbukti dengan jumlah peserta yang hadir, pada awalnya kursi yang disediakan hanya 300 namun karena peminat berjumlah sekitar 350 lebih, panitia harus menyiapkan kursi tambahan. Seminar ini menghadirkan dua pembicara yang salah satu di antaranya mungkin sudah tidak asing yaitu Ir. Budi Raharjo,MSc,Ph.D (salah satu pakar security nasional) dan Mustapa Wangsaatmasja (Senior General Manager Riset & Development PT Telkom). Seminar ini berjalan cukup menyenangkan dan inspiratif. Karena sebagian besar dari peserta pada dasarnya belum terlalu mengenal Cloud Computing. Intinya, bahwa Cloud Computing merupakan sebuah lahan bisnis baru yang bisa dimaksimalkan walaupun keamanannya tidak terjamin, namun Cloud Computing diprediksikan menjadi tren beberapa tahun ke depan karena lebih menghemat sumber daya. Harapannya, mahasiswa semakin mengenal cloud computing dan bisa mengembangkannya.

“Pada awalnya kami ingin mengadakan seminar VOIP, tapi karena kurang up to date jadi kami cari topik yang lain, ya cloud computing karena lumayan masih baru. Harapan kami mahasiswa menjadi lebih mengenal cloud computing dan bisa mengembangkannya baik dari segi aplikasi ataupun security.” Papar Bagus Aditya, mahasiswa IT Telkom angkatan 2008 yang merupakan ketua pelaksana kegiatan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar