Kamis, 31 Maret 2011

Kebutuhan SDM, Apa Kata Industri?


Sabtu (26/3), Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) baru saja mewisuda 447 lulusannya pada Sidang Senat Terbuka Wisuda Lulusan Institut Teknologi Telkom Periode Maret 2011. Jumlah tersebut, terdiri dari 16 orang lulusan program Pascasarjana Teknik Elektro-Telekomunikasi, 8 orang lulusan program Pascasarjana Informatika, 232 orang lulusan program Sarjana Teknik Telekomunikasi, 73 orang lulusan program Sarjana Teknik Industri, 90 orang lulusan program Sarjana Teknik Informatika, 11 orang lulusan program Ahli Madya Teknik Telekomunikasi, dan 17 orang lulusan program Ahli Madya Teknik Informatika. Lalu apa kata industri tentang lulusan IT Telkom?

Di pertengahan Maret, perusahaan asal India yang bergerak di bidang bisnis konsultan IT bertandang ke IT Telkom untuk melakukan rekrutmen terhadap lulusan IT Telkom secara langsung.

Mr. Gurbinder Singh Hira, Operation Director Tech Mahindra, mengungkapkan, Tech Mahindra mencari lulusan engineer berbasis keilmuan Komputer, Sains dan Elektronika. Untuk selanjutnya akan direkrut menjadi pegawai setelah menjalani masa seleksi dan wawancara.

“Kami tahu, IT Telkom menghasilkan lulusan yang baik. Mungkin kita bisa merekrutnya,” ujar Gurbinder.

Kebutuhan industri terhadap lulusan IT terbilang besar. Tingginya kebutuhan akan efisiensi dan efektivitas kerja menjadikan lulusan IT laris manis diburu industri. Selain itu trend IT juga cepat berubah.

“Minat industri terhadap trend IT banyak mengarah ke Java. Akhirnya, kami pun mencari tenaga ahli IT yang menguasai program Java,” kata Allistyana Rachim, HR PT Informatika Reka Mandiri. Baginya, tak masalah fresh graduate asal bisa belajar cepat.

“Kepiawaian dalam berkomunikasi dan leadership dalam pekerjaan sangatlah penting dalam menunjang karir,” ungkapnya.

Berbeda halnya dengan keinginan PT Aero Systems Indonesia yang lebih mengharapkan calon pegawai siap kerja. Aditya Arisusetio, Senior Human Resources Officer PT Aero Systems Indonesia mengatakan,

“PT Aero Systems Indonesia bergerak di bidang IT. Kami membutuhkan calan pegawai siap pakai. Saat hari pertama ia kerja mereka sudah siap. kesempatan masa latihan kerja selama tiga bulan,”

Memang langka. Untuk mendapatkan calon pegawai siap kerja tentunya harus merekrut lulusan-lulusan dari perguruan tinggi yang berkualitas. Menurutnya, pembinaan mahasiswa yang berjaalan di IT Telkom sudah baik.
“Saaya berharap bisa menjalin kerjasama yang saling menguntungkan antara IT Telkom dan Aero Systems Indonesia,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar