Jumat, 25 Februari 2011

Kunjungan Politeknik Negeri Malang, Berawal dari Pertemanan


Pertemanan antara mahasiswa Teknik Telekomunikasi Politeknik Negeri Malang dengan mahasiswa IT Telkom rupanya berjalan manis. Belajar bersama di laboratorium sudah sejak lama mereka lakukan. Pertemanan berlanjut menjadi kunjungan resmi ke kampus Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Jumat (18/2).

“Kami melihat IT Telkom semakin berkembang. Baik dari segi infrastruktur, sistem pembelajaran hingga teknologinya. Melalui kunjungan ini kami berharap IT Telkom dapat berbagi pengalaman,” ujar Ketua Rombongan Mahasiswa Politeknik Negeri Malang, Ari Amiludin. Saat itu, Ir. Burhanudin, MT menyambut kedatangan mereka di Ruang Multimedia IT Telkom.

Menyoal infrastruktur, Ari mengungkapkan harapannya agar mahasiswa Politeknik Negeri Malang bisa ikut meminjam alat laboratorium yang ada di IT Telkom. Salah satunya alat pengukuran antena.

“Tahun kemarin, ada salah satu teman kami yang ikut meminjam alat tersebut di IT Telkom. Jika memungkinkan, kami diberi kesempatan untuk memanfaatkan instrument laboratorium yang ada di IT Telkom,” cerita Ari.

Menanggapi usulan itu, Burhanudin mengungkapkan kalau ingin meminjam instrument laboratorium harus mengikuti prosedur peminjaman barang. Terkadang, mahasiswa diluar IT Telkom meminjam alat tanpa izin. Melainkan karena hubungan pertemanan antar mahasiswa kemudian pinjam meminjam alat lab itu terjadi. Sehingga ketika instrument mengalami kerusakan sulit bagi IT Telkom untuk menelusuri siapa yang harus bertanggung jawab.

“Teknik Telekomunikasi IT Telkom memiliki sekitar 22 lab. Namun, untuk instrument pengukuran antenna biasanya IT Telkom ikut meminjam alat punya LIPI. Konsekuensinya, biasanya penelitian yang menggunakan alat tersebut jadi milik LIPI,”

Kunjungan hari itu diwarnai dengan diskusi interaktif. Usai berdiskusi panjang lebar, mahasiswa Politeknik Negeri Malang mengunjungi laboratorium ZTE, Bandung Techno Park dan laboratorium Teknik Telekomunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar