Selasa, 08 Februari 2011

Seminar Work Collaborative System



Dunia bisnis di bidang IT (Information Technology), kian hari kian menjanjikan. Hasil-hasil riset pun mulai digandrungi untuk dijadikan produk yang layak jual dan menghasilkan keuntungan. Berlatar belakang hal tersebut, Rabu (2/2) Fakultas Informatika mengadakan seminar khusus untuk staff dan pengajar Fakultas Informatika dengan tajuk “Work Collaborative System dan Arahan Risetnya” . Bertempat di Ruang Rapat Fakultas Informatika, Gedung F IT Telkom lantai 1 , seminar yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam ini mendatangkan Yani Dama Putera yang pernah terlibat mengembangkan PT Codephile – sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT – dan merupakan salah satu alumni IT Telkom.

Seminar dimulai pukul 13.00 WIB dan diawali dengan kisah perjuangan PT Codephile hingga sukses seperti sekarang. ‘Make Your Works Flow ‘ , itulah tagline dari PT Codephile dan dari awal berdiri hingga sekarang perusahaan tersebut memiliki presentase kegagalan menangani proyek IT sebesar 0% . Peserta yang hadir pun sedikit tercengang dengan kenyataan tersebut. Seminar berjalan disertai beberapa canda yang dilontarkan oleh Yani yang sangat bersemangat menceritakan pengalamannya dalam merintis karier bisnis IT.

PT Codephile memilih menggunakan Work Collaborative System(WCS) untuk menyelesaikan proyek IT yang mereka kerjakan. “ Mengembangkan framework merupakan cara yang efektif agar solusi yang kami tawarkan menjadi mudah dan cepat untuk diimplementasikan,” papar Yani . WCS sendiri adalah sebuah sistem yang didesain untuk memberikan solusi terhadap kebutuhan customer IT yang terlibat dalam tugas umum mencapai tujuan mereka. Biasanya, sistem ini menghubungkan individu tidak secara fisik, namun bekerjasama dengan internet. Saat ini, riset di bidang WCS sudah semakin banyak. Perusahaan sekelas Microsoft pun memberikan perhatian lebih terhadap WCS, dengan adanya grup riset Microsoft The Communication and Collaboration Systems (CCS). PT Codephile merumuskan kemungkinan solusi dalam cara berkomunikasi ini bergantung pada tempat dan waktu. WCS diperlukan untuk keadaan waktu yang sama namun tempat berbeda. PT Codephile sudah berpengalaman menangani beberapa proyek WCS, dan saatnya IT Telkom mencoba riset tentang teknologi ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar