Selasa, 08 Februari 2011

Pat Mclaughlin, BSc.,MSc.,CENG FIEI MIEE, “Riset Indonesia Potensial”



Banyak akademisi yang menilai riset masih tertinggal jauh ketimbang negara-negara lain. Padahal menurut Pat Mclaughlin, BSc.,MSc.,CENG FIEI MIEE Presiden Institute of Technology Tallaght Dublin Ireland, “Indonesia potensial.” Untuk itu banyak riset yang bisa dilakukan, khususnya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Mobile application, bidang itu potensial di Indonesia karena pasarnya bagus,” kata Pat, pada kesempatannya mengunjungi Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Rabu (19/1).

Bincang ihwal riset TIK, pesatnya perkembangan aplikasi mobile dan PC merupakan peluang yang baik. Apa lagi ke depan TIK cenderung pada era keterbukaan.

“Tengok saja Facebook dan Twitter, situs jejaring social semacam itu sudah akrab di kalangan masyarakat. Semuanya bisa diakses di PC dan ponsel,” kata Pat. “ Banyak penelitian yang bisa digali seperti mobile device, services, developing service untuk mobile device,” tambahnya.

Kondisi ini tentu berdampak positif pada perekonomian Indonesia. Akunya, ia selalu memikirkan beberapa ide topik riset serta kemungkinannya untuk dikerjasamakan dengan peneliti dari negara lain, termasuk Indonesia.

“Kerjasama mungkin saja bisa diawali dengan pertukaran staf pengajar, kemudian berlanjut ke join riset. Inilah saatnya kita mengeksplorasi potensi-potensi kolaborasi,”

Ia menilai, pendidikan di Indonesia sudah cukup baik. Tentu hal itu menjadi kabar baik bagi Irlandia pula mengingat Irlandia tengah menggenjot kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan di Asia, termasuk Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar