Senin, 28 Februari 2011

Raih Kesuksesan Tanpa Rasa Takut

Dalam Seminar FEAR Management


Siapa yang tak kenal Sir Richard Charles Nicholas Branson. Beken dengan nama Richard Branson, industrialis asal Inggris ini berhasil mendirikan 360 perusahaan di bawah bendera Virgin Group. Branson sukses mendirikan bisnis pertama kali diusia 16 tahun dengan menerbitkan majalah Students. Rupanya, kesuksesan Branson meraup kekayaan lebih dari US$ 3,9 milyar. Konon, kunci kesuksesan Branson dalam berbisnis adalah dengan mengelola rasa takut.

Tokoh inspiratif itu diceritakan Pembina E-Camp, Iwan Iwut Tritoasmoro, ST.MT. dalam diskusi terbuka “Pentingnya Fear Management Menuju Kesuksesan” yang diselenggarakan oleh Entrepreneur Camp (e-Camp), didukung IT Telkom Young Entrepreneur Society (IYES). Acara berlangsung di Ruang Multimedia Kampus Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Sabtu (19/2). Iwan berharap, mahasiswa-mahasiswi untuk memberdaya diri, salah satunya dengan mengelola rasa takut.

Motivator Neo Self Empowerment, Dian Martin Sudiana, ST pada acara tersebut mengungkapkan,

“Kesuksesan adalah keputusan. Dan sebuah keputusan adalah buah dari keberanian. Namun berani bukan berarti menghilangkan rasa takut. Cukup dengan mengelola rasa takut,”


Motivator yang akrab dipanggil Kang Dian menjelaskan, rasa takut seringkali timbul akibat “conditioning” alias proses pengkondisian pada manusia. Pendekatan Neo Self Empowerment (NSE) Group dalam menghadapi rasa takut memang unik. Terinspirasi dari buku Fear Management karya Bapak Anand Krishna, NSE memandang rasa takut dalam perspektif berbeda. Selain pernyataan di atas bahwa rasa takut itu juga berkontribusi positif dalam hidup manusia. Kang Dian juga menekankan pentingnya mengolah rasa takut dengan penuh kesadaran.

“Bila kita tenang, kita dapat memilih untuk berpikir terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan. Perlu diketahui, Tuhan telah menganugerahkan neo-cortex di otak manusia untuk menganalisa keadaan sebelum bertindak,” papar Dian.

Berdasarkan konsepsinya, rasa takut terdiri dari 5 lapis yakni ketakutan fisik, energi, mental, intelegensia dan spiritual. Rasa takut memang menjadi beban. Namun, kita bisa mengatasinya. Hal sederhana yang bisa kita lakukan adalah menenangkan diri dengan latihan pernafasan yang baik. Musik lembut pun bisa membantu.

“1 kali tarikan nafas, berarti 3 kali denyut jantung, dan 9 kali denyut otak. Berarti semakin teratur pernafasan maka semakin mudah mendapatkan ketenangan. Sehingga rasa takut akan lebih bisa teratasi. 3 menit latihan nafas perut, wajah pun menjadi lebih ceria,” pungkasnya Kang Dian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar